Pengertian Elektromagnetik dan Penerapannya Dalam Kehidupan

pengertian elektromagnetik

Pengertian Elektromagnetik – Pada tahun 1820, ahli fisika Denmark, Hans Christian Oersted menyampaikan teori “bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan magnet”. Magnet listrik pertama di dunia dibuat dengan memakai ladam besi yang diberi sebanyak 18 lilitan kawat.

Adapun manusia pertama yang bereksperimen membuat magnet listrik tersebut ialah William Sturgeon. Perlu diketahui, magnet yang dibuat dengan memanfaatkan arus listrik dinamakan magnet listrik atau elektro magnet.

Lilitan kawat email pada logam besi atau baja yang dialiri dengan arus listrik bisa merubah logam baja atau besi menjadi magnet. Hal ini sesuai dengan teori tersebut. Lalu apa yang dimaksud elektromagnetik? Berikut pengertian elektromagnetik lengkap dengan info menarik lainnya.

Pengertian Elektromagnetik

Elektromagnetik merupakan proses terbentuknya magnet listrik pada logam (besi atau baja) yang dililiti oleh kawat (seringkali menggunakan kawat email) yang terdapat arus listrik (kumparan listrik). Besarnya daya magnet yang dihasilkan nantinya dipengaruhi oleh jumlah lilitan serta kuat arus listrik.

Magnet buatan yang diciptakan dengan cara elektromagnetik ini memiliki beragam keunggulan. Adapun salah satu keunggulannya ialah sifat kemagnetannya yang bisa dikontrol secara mudah. Misal, untuk menghilangkan sifat magnetnya, anda hanya perlu memutuskan arus listrik.

Penerapan Elektromagnetik

Setelah anda membaca dan memahami pengertian elektromagnetik, anda juga perlu mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penerapan elektromagnetik diantaranya yaitu:

Pengeras Suara

Perlu anda ketahui, pengeras suara dalam penggunaannya memakai prinsip elektromagnetik. Komponen utama yang ada pada alat elektronik ini berupa magnet yang dipasang secara permanen dengan elektromagnetik yang berperan daya penyokongnya.

Cara kerja dari alat yang satu ini ialah mengubah energi listrik menjadi bunyi dengan beragam mekanisme khusus. Komponen voice coil yang ada di dalam pengeras suara bisa menciptakan medan elektromagnetik yang akan melakukan interaksi bersama komponen cone di dalam magnet.

Aliran listrik yang ada di dalam voice coil akan menciptakan medan magnet yang berubah arah serta mengakibatkan adanya pergerakan menarik. Tak hanya itu, hal ini juga akan melepas aliran listrik dengan sangat cepat. Dengan kronologi tersebut, suara keras bisa dihasilkan.

Papan Catur

Penerapan prinsip elektromagnetik juga ada dalam papan catur, namun bisa dikatakan sangat sederhana. Pada umumnya, pion-pion catur dibuat dengan bidak kayu yang pada bagian alasnya diberi magnet tetap. Selanjutnya, pada bagian alas catur diciptakan dengan bahan dasar besi.

Dengan demikian, pion-pion catur tak akan mudah untuk terjatuh. Hal ini dikarenakan adanya sifat kemagnetan yang ada pada pion catur, baik pion catur maupun alas catur. Keduanya saling memperlihatkan gaya tarik-menarik yang berdasarkan prinsip kemagnetan.

Dynamo Sepeda

Dynamo digunakan sebagai sumber penghasil energi penerangan pada sepeda. Alat yang satu ini menghasilkan energi listrik saat roda bergerak. Pergerakan roda sepeda bisa memutar turbin dynamo yang nantinya akan memutarkan magnet yang ada di dalam kumparan tetap.

Perputaran magnet ini akan menghasilkan medan elektromagnetik yang secara perlahan akan berubah menjadi energi listrik. Energi listrik inilah yang menjadikan lampu sepeda bisa menyala.

Pintu Kulkas

Prinsip elektromagnetik yang diterapkan pada kulkas terbilang cukup sederhana. Di sekitar permukaan pintu kulkas biasanya sudah terpasang magnet yang bisa menarik material besi yang ada di penampang pintu.

Gaya tarik-menarik inilah yang menjadikan pintu kulkas bisa menutup secara kuat dan rapat. Dengan adanya prinsip elektromagnetik, pintu kulkas bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Anda pun bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Kompas

Saat anda memahami pengertian elektromagnetik, anda pastinya akan menyadari bahwa kompas juga menggunakan prinsip elektromagnetik. Pada jarum kompas sudah terpasang dua buah magnet tetap yang selalu menunjuk ke arah utara dan selatan.

Hal ini dikarenakan bumi mempunyai medan magnet yang sangat besar di bagian wilayah utara dan selatan. Sifat magnetik yang selalu bertolak belakang ini menjadikan jarum kompas utara menunjuk ke selatan dan begitupun sebaliknya.

Mengenai hal ini, kompas yang banyak diproduksi sekarang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan akurasi ketepatan penunjuk arah yang sangat otentik. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir tertukar arah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *