Pengertian, Manfaat, dan Bahaya Sinar Infra Merah

infra merah

Bahaya Sinar Infra Merah – Sinar infrared atau infra merah pastinya sudah tak asing lagi didengar. Sinar ini terdapat pada cahaya api, radiator kendaraan, cahaya matahari, dan bahkan pantulan jalan aspal saat terkena panas.

Saraf yang ada di kulit kita bisa mengetahui perbedaan suhu permukaan kulit, akan tetapi kita tidak bisa merasakan sinar infrared. Infrared ini berupa sinar elektromagnet yang memiliki panjang gelombang lebih dari cahaya nampak, yakni berkisar antara 700 nm dan 1 mm.

Sinar infrared juga sering disebut sebagai cahaya yang tidak tampak. Untuk info lebih jelas mengenai infrared, anda simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Infra Merah

Infrared adalah cahaya yang tak tampak. Apabila dilihat dengan menggunakan spektroskop cahaya, maka radiasi infrared akan terlihat di spectrum elektromagnet. Sejarah infrared itu sendiri ditemukan pada zaman kerajaan Inggris dimana ada seseorang yang bernama Wiliam mengadakan penelitian untuk mencari bahan penyaring optims.

Dalam penelitian tersebut, William menemukan sinar infrared ini. Nyatanya seiring perkembangan zaman, infrared ini mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia.

Manfaat Infra Merah

infra merah

Berikut adalah beberapa manfaat infrared selengkapnya untuk anda.

Meningkatkan Sirkulasi

Adanya infra merah dalam molekul air bisa memberikan rasa panas. Dengan begitu, infrared ini bisa menyebabkan pembuluh kapiler menjadi membesar. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan suhu kulit.

Dampak dari peningkatan suhu kulit tersebut ialah bisa membantu memperbaikan sirkulasi darah. Dengan begitu, infrared secara tak langsung bisa mengurangi tekanan jantung sehingga terhindar dari resiko gagal jantung.

Infra Merah Mencegah Asam Urat

Infrared bisa mengembangkan pH yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu, infrared juga bisa membantu membersihkan darah dan memperbaiki tekstur kulit anda. Hal ini pastinya akan membantu tubuh untuk terhindar dari asam urat dan rematik.

Meningkatkan Cairan Tubuh

Molekul dalam tubuh nyatanya akan bergetar saat terkana infrared. Sinar infrared ini pun bisa membuat molekul air menjadi pecah.

Dengan begitu, hal ini bisa membuat molekul air menjadi molekul tunggal. Molekul inilah yang bisa membantu meningkatkan cairan tubuh yang hilang akibat terlalu banyak melakukan aktivitas.

Mengirimkan Data

Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirimkan data. Tak hanya aplikasi saja, banyak juga layanan jasa yang bisa mengirimkan data. Begitu juga dengan infrared. Infra merah adalah salah satu sinar yang dikemas dengan bentuk aplikasi.

Sinar ini bisa digunakan untuk mengirim data dalam jarak yang dekat dan pastinya lebih hemat biaya. Dengan menggunakan sinar infrared, anda bisa mengirim data kapan saja dan bahkan tak memerlukan waktu lama. Hanya memerlukan waktu beberapa menit saja, data anda sudah bisa ditransfer ke perangkat lainnya.

Infra MerahSebagai Sistem Sensor

Sistem sensor berperan penting dalam menghubungkan dua perangkat yang saling terhubung. Sensor infrared ini juga berguna dalam mengendalikan dua benda komunikasi dari jarak jauh sehingga bisa digunakan untuk beberapa hal.

Misalnya saja otomatisasi sistem, pengendali jarak jauh, dan alarm keamanan tempat. Dengan adanya peran sistem sensor ini pastinya akan memudahkan anda dalam melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai Pencitraan Pandangan

Infrared juga bisa berfungsi sebagai pencitraan pandangan. Adapun salah satu contohnya ialah nightscoop. Nightscoop adalah alat penglihatan yang bisa digunakan di malam hari. Dengan adanya sinar infrared ini, tentu bisa membantu penglihatan di malam hari sehingga akan lebih jelas.

Media Komunikasi Tanpa Kabel

Di era serba canggih seperti sekarang ini, kini telah hadir alat komunikasi tanpa menggunakan kebel. Perlu diketahui, alat komunikasi tersebut dihasilkan dari manfaat infrared. Hal ini dikarenakan infrared bisa memberikan konektivitas antar perangkat.

Seperti halnya bluetooth, sinar infrared ini pun mempunyai manfaat yang sama. Hanya saja, sinar infrared ini mempunyai kekurangan, yakni dalam proses konektivitas dengan perangkat lain haruslah berdekatan. Bahkan seringkali posisi konektivitas infrared harus saling berhadapan.

Infra Merah Sebagai Kamera Tembus Pandang

Sinar infrared bermanfaat dalam meneruskan cahaya sehingga menunjang kemampuan kamera maupun video menjadi semakin meningkat. Kemampuan ini juga telah banyak diaplikasikan pada kamera ponsel.

Dengan begitu, hadirnya infrared dalam ponsel, kamera, dan video ini bisa membantu meningkatkan kualitas gambar sehingga menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, sinar infrared saat ini banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap alat komunikasi.

Infra Merah Sebagai Komunikasi Jarak Dekat

Sinar infrared juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol remot TV serta beberapa benda lainnya yang memiliki kemampuan tembus pandang. Hal ini dikarenakan pada dasarnya sinar infrared ini tak bisa menembus benda yang tak tembus pandang seperti halnya tembok.

Sebagai Komunikasi Jarak Jauh

Tak hanya bermanfaat untuk komunikasi jarak dekat saja, infrared juga mempunyai manfaat kendali jarak jauh. Cara kerja infrared kurang lebih akan baik sampai jarak 10 meter. Jarak ini dihitung tanpa penghalang.

Bahaya Infra Merah

infra merah

Dibalik manfaatnya yang beragam, infrared nyatanya juga berbahaya. Bahaya infrared ini bisa dirasakan apabila sinar infrared langsung mengenai jaringan tubuh.

Hanya saja, bahaya infrared ini tidak akan ditimbulkan oleh benda seperti peralatan medis di rumah sakit, elektronik, gelang kesehatan yang berinfrared, alat pemijatan kaki yang dilengkapi infrared, dan lampu senter dengan infrared. Adapun bahaya infra merah diantaranya yaitu:

Mengakibatkan Kulit Terbakar

Radiasi infrared memiliki ketajama sama seperti sinar ultraviolet yang memancar ke bumi. Hal ini dikarenakan sinar matahari memang termasuk infrared namun sifatnya alami.

Efek buruk dari sinar infrared ini ialah bisa melukai serta memberi efek terbakar pada permukaan kulit atau yang juga dikenal dengan melepuh. Pasalnya, radiasi infrared bisa menembus jaringan kulit paling dalam serta merusak kolagen yang ada di bawah kulit.

Infra Merah Memunculkan Penuaan Dini

Radiasi infrared yang berasal dari sinar matahari langsung yang terpapar secara berlebihan setiap hari pada kulit bisa mengakibatkan kulit mudah keriput serta kering.

Hal ini dikarenakan sinar matahari bisa mengganggu keseimbangan minyak alami serta sel kolagen kulit, dimana bisa memunculkan terjadinya kerusakan sel kulit. Hal ini memungkinkan seseorang bisa terlihat lebih tua serta kusam.

Infra Merah Memicu Kanker Kulit

Sinar infrared bisa merusak jaringan kulit terdalam apabila terpapar terlalu lama. Kulit yang terkena paparan sinar infrared berlebihan akan memicu sel kanker kulit. Hal ini juga sama seperti halnya terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Hal ini dikarenakan sinar matahari mempunyai infrared yang bisa merusak pigmentasi, kolagen kulit, sekaligus memicu flek hitam awal dari munculnya kanker kulit.

Mengakibatkan Kerusakan Jaringan Retina Mata

Sinar infra merah yang berlebihan juga bisa menembus bagian retina mata. Hal ini bisa memicu munculnya penumpukan kabut putih yang melapisi retina.

Dengan begitu, mata akan mengalami ketajaman penglihatan dan bahkan katarak pada lensa mata. Infrared berlebih sangat mengganggu kesehatan jaringan retina mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *