8 Cara Mencabut Akar Kutil Paling Efektif

cara mencabut akar kutil

Cara Mencabut Akar Kutil – Cara Mencabut Akar Kutil yang aman dan efektif senantiasa menjadi pertimbangan tersendiri bagi para penderita kutil.

Pasalnya, sebagai salah satu jenis gangguan kulit, penyakit kutil dapat mengganggu aktivitas penderitanya, bahkan tak jarang memberikan rasa sakit. Kutil ini sendiri pada dasarnya merupakan kulit yang bertumbuh secara berlebihan, yang disebabkan oleh virus HPV atau Papilloma Virus.

Berbagai Cara Mencabut Akar Kutil pun dikembangkan, baik berupa cara modern dengan prosedur operasi maupun cara tradisional dengan menggunakan bahan rumahan.

Dengan melakukan prosedur yang benar, kutil Anda pun dapat dicabut dan dihilangkan. Berikut merupakan cara paling efektif yang kami rangkum untuk Anda yang ingin mencabut kutil hingga ke akarnya.

8 Cara Mencabut Akar Kutil Sampai Hilang

cara mencabut akar kutil

Sinar Laser

Cara Mencabut Akar Kutil yang paling umum dilakukan adalah dengan jalan operasi, yaitu dengan menggunakan sinar laser.

Terdapat beberapa jenis laser yang biasa digunakan untuk operasi kutil, antara lain Pulsed Dye Laser dan Laser Karbondioksida. Meskipun sepintas terdengar sama, namun kedua laser ini bekerja dengan cara yang berbeda.

Pulsed Dye Laser bekerja dengan memancarkan sinar pada kutil agar jaringan pembuluh darah di dalamnya terbakar dan mengering. Tanpa darah, kutil pun akan mati, sehingga kutil dapat terlepas. Prosedur ini tidak terlalu menyakitkan, namun akan menimbulkan bekas luka parut.

Sementara itu, pada Laser Karbondioksida, sinar laser bekerja sebagai pisau tajam untuk memotong bagian ujung dari kutil. Kemudian, dokter pun akan membakar kutil yang tersisa dengan sinar laser yang lebih redup. Sama halnya dengan Pulsed Dye Laser, bekas luka parut pun akan dihasilkan dari prosedur ini.

Cryotherapy

Berbanding terbalik dengan laser, resiko luka yang ditimbulkan dari Cryotheraphy sangat kecil. Hanya saja, proses operasi Cryo untuk mencabut kutil ini dikenal menyakitkan. Oleh sebab itulah, Cryotheraphy tidak dianjurkan untuk anak kecil.

Cryotheraphy merupakan Cara Mencabut Akar Kutil yang tepat ketika kutil muncul di wajah Anda, karena proses mencabut kutil ini dapat dilakukan tanpa menimbulkan bekas luka.

Cara kerja Cryotheraphy sendiri adalah dengan menggunakan nitrogen cair. Kutil diberikan nitrogen cair agar beku sampai jaringan pada kutil mati. Setelah itu, barulah kutil dapat terlepas.

Apabila Cryotheraphy dilakukan di daerah yang berbulu, maka Anda harus siap jika bulu di daerah tersebut tidak tumbuh lagi.

Pasalnya, efek dari Cryotheraphy ini akan turut mempengaruhi area di sekitar kutil. Pada beberapa kasus, bulu pasien di sekitar area yang terkena Cryotheraphy memang tidak ditumbuhi bulu lagi.

Electrosurgery

Electrosurgery adalah Cara Mencabut Akar Kutil kutil dengan menggunakan listrik. Prosedur ini dapat dilakukan dengan cepat, hanya sekitar 30 menit dengan tingkat keberhasilan sampai dengan 85%.

Hanya saja, Electrosurgery sebaiknya dilakukan untuk kutil di area yang kecil pada kulit, bukan pada kutil yang besar. Pasalnya, prosedur ini menyakitkan dan membutuhkan bius lokal sebelum operasi dimulai.

Pada prosesnya, kutil akan ditusuk jarum yang telah dialiri listrik untuk membakar jaringan pada kutil. Setelah kering, kutil pun akan dibersihkan dan bekas luka akan di treatment pasca operasi.

Kebersihan bekas luka sangat penting untuk proses penyembuhan dan menghindari infeksi, sehingga Anda harus ekstra hati-hati merawat bekas luka kutil Anda.

Kuret

Sama halnya dengan Electrosurgery, kuret dapat menjadi Cara Mencabut Akar Kutil yang cepat dan mudah. Kuret dikenal sebagai prosedur operasi tradisional, yaitu operasi dengan menggunakan pisau bedah.

Pada prosesi ini, jaringan pada kutil akan dipotong, dan sisa nya akan dibersihkan oleh dokter agar jaringan kutil tidak tumbuh lagi.

Operasi dengan cara di kuret dapat menjadi operasi yang menyakitkan, sehingga bius lokal akan diberikan pada daerah di sekitar kutil.

Meskipun menimbulkan rasa sakit dan bekas luka, kuret merupakan salah satu cara yang murah dan efektif. Karena itulah, proses kuret ini banyak dilakukan oleh para penderita kutil.

Tak jarang, para penderita kutil ini bahkan melakukan Electrosurgery terlebih dahulu baru melakukan kuret. Bekas luka pasca operasi yang timbul setelah Electrosurgery kemudian dibersihkan dengan menggunakan teknik kuret. Dengan cara ini, sisa kutil pun dapat menjadi benar-benar bersih.

Asam Salisilat

Penggunaan Asam Salisilat untuk mencabut kutil dapat dilakukan di rumah. Biasanya, Cara Mencabut Akar Kutil ini dilakukan dengan pengawasan dari dokter. Selain murah dan nyaris tanpa efek samping, mencabut kutil dengan Asam Salisilat pun terbukti efektif.

Dengan pemakaian yang disiplin dan sesuai anjuran, kutil Anda dapat sembuh setidaknya 12 minggu setelah pemakaian.

Asam Salisilat sendiri digunakan setelah mandi. Pertama-tama, bersihkan kutil dengan air bersih. Lalu, oleskan Asam Salisilat pada area kutil.

Jangan bilas area yang telah dioleskan obat dengan air setelah penggunaan. Biarkan Asam Salisilat mengering. Lakukan dengan rutin setiap hari, dan perlahan kutil Anda akan berkurang sampai akhirnya menghilang.

Bawang Putih

Apabila Anda tidak menginginkan prosedur operasi maupun obat-obatan, Anda dapat menggunakan bawang putih untuk mencabut kutil. Selain mudah di dapat, bawang putih pun dapat menjadi penghilang kutil yang efektif.

Ia dikenal sebagai obat herbal yang ampuh untuk membunuh berbagai macam virus, termasuk HPV atau virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil.

Pertama-tama, Anda harus menyediakan bawang putih dan perban. Bersihkan area kutil, kemudian potong-potong bawang putih dan hancurkan.

Oleskan bawang putih yang telah dihancurkan pada kutil, kemudian tutuplah menggunakan perban. Lakukan prosedur ini berulang-ulang selama kurang lebih 4 minggu dan Anda akan merasakan kutil Anda semakin mengecil sampai hilang.

Cuka Apel

Bahan rumahan lainnya yang dapat digunakan untuk mencabut kutil adalah cuka apel. Sifatnya yang asam seperti Asam Salisilat dianggap dapat mencabut kutil apabila dikenai kontak langsung. Penggunaan cuka apel untuk kutil dilakukan dengan mengelupas kutil secara perlahan.

Cuka apel untuk mencabut kutil merupakan proses yang menyakitkan. Rasa sakitnya dapat berlangsung sampai beberapa hari. Meskipun timbul rasa sakit, banyak orang tetap menggunakannya karena cuka apel ini terbukti ampuh.

Untuk menggunakannya, pertama-tama teteskan cuka apel pada bola kapas, kemudian oleskan pada area kutil. Taruh bola kapas yang telah diteteskan cuka apel tepat pada kutil, lalu tutup dengan perban. Biarkan semalaman.

Sama halnya dengan penggunaan bawang putih, mencabut kutil dengan cuka apel tidak instan. Lakukan setiap malam sampai kutil hilang.

Baking Soda

Baking Soda dipercaya mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk mencabut kutil. Bahan ini banyak diracik secara rumahan sebagai Cara Mencabut Akar Kutil yang mudah dan murah.

Ia berperan sebagai exfoliant atau pengelupas kulit alami, sehingga kutil dapat terkelupas secara perlahan. Selain itu, baking soda bersifat astringent atau menghambat produksi minyak, sehingga dapat mengeringkan kutil dari dalam.

Umumnya, baking soda diramu menjadi pasta untuk dioleskan pada kutil. Pertama-tama, baking soda dicampur dengan air secukupnya agar kental seperti pasta.

Setelah itu, oleskan pasta baking soda pada area kutil. Biarkan area olesan baking soda pada kutil kurang lebih semalaman. Selanjutnya, bilas pasta yang mengering dengan air di pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *