Apa Itu Tiroid dan Tanda-tanda yang Menyertainya

Apa Itu Tiroid  – Pada tubuh terdapat banyak organ yang penting untuk menjalankan sistem tubuh. Salah satu bagian dalam berperan penting bagi sistem tubuh yaitu tiroid. Penting untuk memahami tentang apa itu tiroid.  Kelenjar tiroid berperan aktif dalam membantu organ tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Bagi Anda yang masih asing atau belum tahu mengenai Apa itu tiroid, simak ulasan sebagai berikut. Akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi, serta bagaimana tanda adanya gangguan pada tiroid berikut ini.

Mengenal Apa Itu Tiroid Beserta Ciri-cirinya

Pengertian Apa Itu Tiroid

Apa itu tiroid? Tiroid adalah organ berbentuk kupu- kupu yang terletak di dasar leher. Kelenjar tiroid dapat memproduksi hormon yang dapat mengendalikan metabolisme tubuh.

Kelenjar tiroid berpengaruh pada beberapa fungsi tubuh seperti pernapasan, detak jantung, sistem syaraf central dan peripheral, kekuatan otot, dan lain sebagainya. Gangguan pada fungsi tiroid akan otomatis juga mengganggu beberapa fungsi tubuh.

Berikut Ciri-ciri Adanya Gangguan pada Tiroid

Setelah memahami secara singkat tentang apa itu tiroid perlu juga diketahui tentang ciri dari gangguan tiroid.  Secara lebih lengkapnya, ciri adanya gangguan pada tiroid adalah sebagai berikut.

Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Pembahasan selanjutnya setelah memahami tentang apa itu tiroid yaitu ciri gangguannya, ciri yang pertama yaitu rasa lelah bisa menjadi banyak pertanda adanya gangguan kesehatan. Satu diantaranya yaitu adanya gangguan hypothyroidism (kekurangan tiroid).

Tubuh yang mengalami kekurangan tiroid akan merasa lelah sekalipun sudah beristirahat dengan cukup. Kondisi seperti rasa lelah ketika bangun di pagi hari merupakan salah satu contoh tubuh mengalami masalah tiroid.

Perubahan Suasana Hati Menjadi Buruk

Perubahan suasana hati menjadi buruk seperti tiba- tiba sedih atau depresi tanpa sebab, merupakan tanda adanya masalah pada kelenjar tiroid. Produksi tiroid yang terlalu sedikit dapat mempengaruhi produksi serotonin (zat yang berkaitan dengan suasana hati yang menyenangkan) di otak yang berdampak pada suasana hati.

Perasaan gelisah dan cemas, serta rasa tidak tenang dapat menunjukkan bahwa kelenjar tiroid berfungsi secara berlebihan. Kelenjar yang berfungsi secara berlebih menyebabkan metabolisme dan fungsi seluruh tubuh terdorong untuk bekerja dengan cepat seperti detak jantung dan denyut nadi yang meningkat, sehingga membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Perubahan Nafsu Makan

Kelebihan produksi tiroid dapat menyebabkan nafsu makan jadi meningkat, Hal ini dikarenakan tiroid memicu rasa lapar. Sekalipun begitu kelebihan tiroid membawa pengaruh pada pengolahan kalori pada tubuh, yang menyebabkan tubuh tidak banyak mengalami penambahan berat badan. Sedangkan kekurangan tiroid berpengaruh pada perubahan respon pada indera perasa dan pembau.

Kesulitan Untuk Berpikir

Kesulitan berpikir bisa saja disebabkan oleh kurang tidur dan usia tua. Akan tetapi, salah satu yang juga bisa menjadi penyebab adalah gangguan tiroid. Kelenjar tiroid juga memiliki fungsi yang signifikan pada kemampuan kognitif. Kelebihan kadar tiroid menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi, sedangkan kekurangan tiroid membuat seseorang menjadi mudah lupa dan mudah bingung.

Perubahan pada Debar Jantung

Timbulnya debar jantung yang tidak lazim dan berlangsung secara tiba-tiba merupakan salah satu tanda gangguan tiroid. Debaran jantung ini dapat dirasakan di dada atau nadi di daerah leher atau tenggorokan. Kelebihan kadar tiroid dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan membuat sering berdebar tanpa alasan.

Kulit Menjadi Kering

Gangguan pada tiroid dapat berpengaruh pada tekstur kulit. Kulit yang mengalami kekurangan tiroid akan menjadi kering dan mudah gatal. Penyebabnya karena kekurangan tiroid membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat. Hal tersebut berpengaruh pada produksi keringat menjadi berkurang, kulit jadi kehilangan kelembaban nya. Sehingga kulit menjadi lebih mudah bersisik dan kering.

Masalah pada Fungsi Pencernaan

Konstipasi merupakan suatu pertanda seseorang mengalami kekurangan tiroid. Hal tersebut dikarenakan gangguan produksi hormon dapat menjadi penyebab melambatnya proses pencernaan. Lain halnya dengan produksi tiroid yang berlebihan. Kelebihan tiroid justru menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Hal itu karena pergerakan usus menjadi berlebihan.

Perubahan Siklus Menstruasi

Periode terjadinya menstruasi yang tidak tetap setiap bulannya dapat menjadi pertanda gangguan tiroid. Gangguan fungsi tiroid sering kali berdampak pada gangguan keseimbangan hormon di tubuh. Gangguan pada hormon otomatis akan mengganggu kelancaran menstruasi pada wanita.

Kekurangan tiroid ditandai dengan periode menstruasi yang lebih lama, darah yang lebih banyak, dan sering terjadi kram perut. Menstruasi karena kekurangan tiroid perlu diwaspadai karena lebih rentan terkena anemia akibat dari banyaknya darah yang keluar. Sedangkan kelebihan tiroid membuat menstruasi berlangsung lebih cepat, darah yang lebih sedikit, dan tidak terlalu sakit.

Tekanan Darah

Tinggi dan Kolesterol

Gangguan pada fungsi tiroid dapat berpengaruh pada kesehatan tekanan darah. Kekurangan ataupun kelebihan tiroid dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan gangguan tiroid membuat fungsi jantung dan pembuluh darah berkurang.

Kenaikan LDL (low-density lipoprotein) kolesterol yang tidak merespon pengobatan melalui diet, olah raga dan obat, dapat menjadi tanda kekurangan tiroid. Tingginya kadar kolesterol karena kekurangan tiroid perlu untuk segera ditangani. Hal tersebut karena kekurangan tiroid meningkatkan risiko seseorang mengalami pembengkakan jantung dan gagal jantung.

Suhu Tubuh Berubah

Sistem tubuh yang mengalami perlambatan karena fungsi tiroid yang berkurang, akan membuat tubuh membakar lebih sedikit energi. Kurangnya energi yang terbakar berakibat suhu tubuh mudah menurun. Sebaliknya, kelebihan tiroid membuat tubuh membakar energi lebih banyak yang berdampak pada suhu tubuh yang lebih hangat dan produksi keringat lebih banyak.

Rasa Serak di Tenggorokan

Gangguan pada tiroid dapat di periksa dengan cara berkaca sambil meminum air. Perhatikan apakah terdapat tonjolan di area tiroid ketika air di telan. Jika terdapat pembengkakan, rasa tidak nyaman di tenggorokan, dan suara yang serak. Hal itu dapat menjadi pertanda adanya masalah pada fungsi tiroid.

Mengalami Masalah Tidur

Ketika tubuh mengalami kelebihan tiroid, orang akan menjadi lebih mudah cemas dan denyut nadinya akan meningkat dengan cepat. Sehingga tidur menjadi lebih sulit dan lebih mudah terbangun di tengah malam. Sebaliknya kekurangan tiroid membuat seseorang mudah mengantuk karena fungsi tubuh yang melambat.

Rasa Sakit pada Otot

Rasa sakit dan tidak nyaman seperti tertusuk dan kebas pada otot di kaki, tangan, dan lengan, dapat menjadi petunjuk adanya masalah kekurangan tiroid pada tubuh. Gangguan tiroid seperti kekurangan produksi tiroid pada tubuh bila tidak segera ditangani dapat merusak sistem syaraf yang menjadi penghantar ke otak.

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan dikarenakan kekurangan kadar tiroid, ditandai dengan berat badan yang sulit turun sekalipun sudah melakukan program penurunan berat badan. Kekurangan tiroid membuat metabolisme tubuh terganggu dan tidak berfungsi dengan benar. Sedangkan kelebihan tiroid ditandai dengan penurunan berat badan secara drastis sekalipun tidak ada upaya untuk menurunkan berat badan.

Kesulitan untuk Hamil

Apabila seseorang sudah mengikuti program hamil, tetapi tetap kesulitan untuk hamil. Hal itu dapat berarti adanya masalah pada sistem tiroid. Gangguan tiroid berpengaruh pada siklus ovulasi yang mengganggu kesuburan. Masalah pada tiroid juga dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan.

Kerontokan dan Penipisan Rambut

Kekurangan tiroid mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Rambut juga menjadi kering, bercabang, dan rontok. Kerontokan juga terjadi pada bagian tubuh lain yang berambut. Sama halnya dengan kelebihan tiroid, kerontokan dan penipisan juga terjadi hanya saja terjadi pada rambut di bagian kepala saja.

Demikian ulasan mengenai Apa itu tiroid yang perlu Anda tahu. Dengan memahami kelenjar yang memiliki pengaruh yang besar bagi sistem tubuh tentunya Anda bisa menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan tubuh yang mengalami masalah tiroid tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Sehingga dengan memilki pemahaman tentang apa itu tiroid dapat meningkatkan kewaspadaan pada kondisi kesehatan. Yang tentunya bisa meningkatkan derajad kesehatan seseorang secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *